Senin, 29 April 2013

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia



Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) merupakan sebuah organisasi masyarakat non pemerintah yang bersifatnirlaba dan independen yang didirikan di Jakarta pada tanggal 11 Mei 1973. Keberadaan YLKI diarahkan pada usaha meningkatkan kepedulian konsumen atas hak dan kewajibannya dalam upaya melindungi dirinya sendiri, keluarga serta lingkungannya .
YLKI adalah lembaga yang bertujan untuk melindungi para konsumen terhadap penggunaan barang atau jasa yang dibutuhkannyadan usaha-usaha penipuan kualitas dan harga barang atau pelayanan yang jurang menyenangkan dari pihak produsen atau pedagang. Sebagai konsumen mempunyai hak atas barang dan jasa yang berkualitas dan kuantitannya sesuai dengan dijanjikan oleh produsen dapat dilihat dari label yang tercantum pada setiap barang.
Contoh Kasus :
Kasus penerbitan buku LKS yang beredar dikalangan siswa SD “ Istri Simpanan “. Banyak yang menduga adanya peluang terjadi konspirasi antara penerbit dan pihak sekolah. Ini sangat merugikan siswa-siswa yang seharusnya belajar dengan materi pindidikan bukan seperti kasus ini.
Tanggapan Saya :
Menurut saya ini sangat merugikan pelajar, seharusnya pihak penerbit memilih contoh yang lebih positif dari pada menceritakan istri simpanan. Dan seharusnya dalam buku pembelajaran materinya itu memiliki nilai pendidikan yang tinggi agar para pelajar mendapatkan ilmu yang baik agar bisa bermanfaat dikemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar